Skip to main content

11 Tips Membuat Foto Candid untuk Para Fotografer Jalanan

Fotografi jalanan adalah tentang mendokumentasikan kehidupan sehari-hari dan kehidupan masyarakat di tempat-tempat umum. Anda dapat berlatih fotografi jalanan di mana saja baik itu di jalan, di lapangan umum, di pantai atau di taman.

Anda tidak perlu melakukan perjalanan untuk mengambil foto yang bagus. Jika Anda baru terjun dalam fotografi jalanan, kami telah mengumpulkan beberapa tips fotografi jalanan yang akan membantu Anda mengidentifikasi momen-momen yang undah untuk menentukan dan mengambil foto yang lebih baik.
11 Tips Membuat Foto Candid untuk Para Fotografer Jalanan

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba jika ingin menjadi fotografer jalanan dan menghasilkan foto candid terbaik.

#1. Bawa kamera Kemanapun Anda Berada

Fotografi jalanan memang harus spontan, Anda tidak pernah tahu kapan dan di mana akan dapat menyaksikan kesempatan foto yang sempurna. Selalu bawa kamera fotografi jalanan bersama Anda dan Anda tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk menangkap "momen Kodak" yang bisa terjadi pasa saat-saat yang tidak terduga.

#2. Pilih Kamera yang Bagus

Ini adalah tips penting bagi mereka yang ingin menyempurnakan teknik fotografi jalanan supaya terlihat lebih indah. Mereka yang memulai fotografi jalanan mungkin tergoda untuk menggunakan lensa zoom panjang karena mereka bisa jauh dari tempat kejadian tetapi masih dapat menangkap momen yang bagus.

Fotografer jalanan profesional akan menggunakan kamera ringkas daripada DSLR yang besar, berat, dan mencolok. Jika Anda tidak suka kamera saku, Anda dapat mencoba DSLR kecil seperti Nikon D3300.

#3. Periksa Pengaturan Kamera Anda

Seperti yang disebutkan di atas, Anda hanya memiliki waktu singkat untuk memotret sebuah foto. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk selalu menyiapkan kamera dimanapun dan kapanpun Anda berada. Alihkan kamera Anda ke mode prioritas bukaan (banyak fotografer pro memotret dalam mode ini). Juga, atur aperture Anda (f-stop) dan ISO secara manual.

Jarak perkiraan dari mana Anda akan memotret subjek Anda adalah 3 hingga 10 kaki, oleh karena itu, ingatlah untuk mengatur aperture ke f / 8. Dengan cara ini, siapa pun dalam rentang tersebut akan menjadi fokus sehingga foto yang dihasilkan akan terlihat indah.

#4. Lebih Dekat dengan Subjek Anda

Ini adalah salah satu tips penting untuk fotografi jalanan. Fotografi candid sangat menarik jika fotografer menjadi bagian dari adegan dan cukup dekat untuk menangkap tekstur kulit, emosi, dan ekspresi wajah mereka.

Lensa sudut lebar (24, 28, atau 35mm) dapat  memberi Anda perspektif yang membuat pemirsa gambar Anda merasa seolah-olah dia adalah bagian dari momen itu. Lensa sudut lebar juga memungkinkan fotografer untuk berbaur dengan mereka di lingkungan dan bukan sebagai orang di luar kerumunan yang bertujuan lensa panjang pada orang asing.

#5. Bereksperimen dengan Keahlian Anda

Orang bereaksi berbeda ketika sedang diobservasi, jadi cara termudah untuk memotret interaksi adalah ketika mereka tidak menyadarinya. Memotret pada sudut rendah berguna dalam situasi di mana tidak mungkin untuk menaikkan kamera ke permukaan. Ini mungkin menantang pada awalnya, tetapi ketika Anda menjadi akrab dengan kamera Anda dan panjang fokus Anda akan menjadi seorang profesional dalam menangkap momen-momen alami dari sudut yang rendah.

#6. Pilih Subyek Anda dengan Bijak

Ini mungkin yang paling penting dari semua tips fotografi jalanan di artikel ini. Anda harus memilih subjek Anda dengan bijaksana, beberapa subjek mungkin menganggap tindakan Anda memotret mereka sedikit menyeramkan sehingga banyak orang merasa tidak nyaman saat Anda mencoba untuk memotret mereka. Namun demikian, kebanyakan orang juga menyukai saat foto mereka diambil, jadi selama Anda bertanya dengan sopan, mereka akan memungkinkan Anda untuk memotret mereka.

#7. Jadilah Spontan dan Percayai Naluri Anda

Sebagai seorang fotografer, Anda mungkin tahu bahwa esensi memotret orang, benda atau situasi adalah karena mereka penting bagi kita. Ketika kami memasukan perasaan kami ke dalam fotografi dan memotret dengan penuh semangat, maka foto yang dihasilkan terlihat sangat berarti bagi sang pemotret. Jadilah spontan dan potret apa pun yang Anda rasakan karena hasilnya bisa berarti sesuatu bagi Anda.

#8. Berlatih Secara Teratur

Seperti halnya praktek lainnya, latihan menjadikan sesuatu sempurna. Ini adalah salah satu tips fotografi jalanan yang penting yang tidak bisa kami lupa untuk disebutkan. Tidak masalah di mana pun Anda berada, berada di kota kecil di mana tidak ada tempat umum yang layak atau di jalan yang remang-remang, ambil foto sebanyak mungkin. Jika Anda sering melakukan ini, Anda akan menyempurnakan seni Anda dan bersiap untuk menangkap momen-momen yang lebih indah lagi dari sebelumnya.

#9. Kesabaran adalah Kuncinya

Ini adalah tips penting yang harus kami sertakan dalam daftar tips fotografi jalanan ini. Ada kesalahpahaman yang aneh di sekitar fotografi jalanan yang perlu selalu dilakukan oleh fotografer jalanan untuk berburu foto yang sulit dipahami.

Paling sering foto jalanan terbaik berasal dari fotografer yang memahami nilai kesabaran. Oleh karena itu, waktu berikutnya Anda harus bersabar untuk menemukan momen yang sempurna untuk mengambil foto dengan hasil yang nyata.

#10. Bercerita Tentang Sesuatu

Ini juga salah satu tips fotografi jalanan yang penting dan harus dimiliki fotografer di belakang pikiran mereka. Setiap foto jalanan harus menceritakan sebuah kisah, gambar Anda harus jelas mencerminkan emosi subjek Anda sementara lingkungan mereka harus meletakkan landasan untuk subjek Anda.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membayangkan dulu bagaimana Anda ingin foto Anda terlihat. Seperti apa latar belakang Anda? Bagaimana subyek Anda akan berinteraksi satu sama lain di TKP? Terakhir, tanyakan pada diri Anda jenis emosi yang ingin Anda sampaikan dengan foto Anda.

#11. Nikmati Semuanya dan Have Fun

Daftar ini tidak akan lengkap tanpa menyertakan kesenangan di antara tips fotografi jalanan yang penting. Kreativitas dan gairah hidup harus berdampingan, di mana ada gairah, ada arus kreativitas. Jadi keluarlah, lakukan apa yang Anda sukai saat bertemu orang baru dan lihat kehidupan dari perspektif baru setiap hari.

Itulah beberapa tips untuk membuat foto candid bagi para fotografer jalanan yang bisa Anda coba. Menjadi seorang fotografer merupakan sesuatu yang menyenangkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh bukan karena trend atau karena ingin mengikuti apa yang orang lain kerjakan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar