Skip to main content

Panduan Belajar Headshot Fotografi Bagi Pemula untuk Menciptakan Seni Foto yang Baik

Sebelumnya disini pernah dibahas tentang panduan untuk belajar mebuat fotografi HDR bagi pemula, pada kali ini kita akan membahas yang sama yaitu cara belajar hradshot fotografi bagi pemula supaya bisa membuat foto yang baik dan benar.

Fotografi headshot atau fotografi potret dalam hal yang lebih bagus sering disalahpahami dan dieksekusi dengan buruk, meskipun penting dalam bisnis dan seni. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa teknik yang akan memungkinkan Anda untuk melakukan tahap proyek fotografi headshot yang sempurna.

Dari proyek fotografi perusahaan dan profesional hingga fotografi pribadi, tips dan trik ini akan membantu Anda melakukan pemotretan yang lebih baik dan mencapai hasil yang diinginkan. Dengan demikian, kami akan fokus pada sejumlah elemen kunci yang dapat mengubah foto acak Anda menjadi karya seni.
Panduan Belajar Headshot Fotografi Bagi Pemula untuk Menciptakan Seni Foto yang Baik

Mengenal Headshot Fotografi

Sama seperti hal yang lainnya, sesi fotografi headshot yang baik harus dimulai dengan pengaturan yang benar. Di sini semuanya tergantung pada apa tujuan Anda dan apa yang ingin Anda capai.

Foto headshot korporat biasanya digunakan untuk halaman "Our Team", untuk menyajikan karyawan dan kolaborator. Terlepas dari apakah perusahaan Anda adalah perusahaan multinasional atau perusahaan lokal, foto-foto ini harus menginspirasi kepercayaan dan profesionalisme dengan sedikit keramahan. Selain itu, mereka juga harus secara halus menyajikan lingkungan perusahaan dan membangun sikap positif terhadapnya di mata pemirsa.

Lokasi dan Personalisasi

Dalam konteks ini, Anda harus terlebih dahulu memilih lokasi dengan sangat hati-hati. Sebuah kantor hukum misalnya, harus mempresentasikan para pengacaranya sebagai dinamis dan selalu bersedia untuk memecahkan kebutuhan klien. Jadi, mengapa tidak memotret pemotretan di luar kantor, untuk menggarisbawahi kemauan untuk bepergian ke lokasi manapun untuk mendukung klien? Selain itu, Anda harus memilih beberapa markah tanah yang relevan di kota Anda, yang menggarisbawahi tingkat keahlian hukum lokal yang kuat.

Mari kita pilih contoh lain, di mana perusahaan Anda bertindak di bidang teknologi dan IT. Di sini, foto karyawan harus menyajikan konteks terkait pekerjaan, lebih disukai dengan beberapa jenis peralatan dan elemen terkait lainnya di latar belakang, sebagai permulaan. Anda juga dapat mempersonalisasi foto dan membuatnya lebih lucu. Sebagai contoh, seorang administrator jaringan dapat memiliki gambar dengan peralatan jaringan di latar belakang, atau t-shirt dengan yang sama.

Izinkan kami untuk sedikit lebih memperhatikan manfaat personalisasi foto masing-masing karyawan. Meskipun standardisasi mungkin keren di masa lalu, ini tentu bukan lagi masalah. Dengan menambahkan elemen unik untuk setiap karyawan, Anda tidak hanya akan meningkatkan harga dirinya dengan menunjukkan betapa istimewanya dia, tetapi Anda juga akan secara tidak langsung memberi tahu klien Anda bahwa setiap orang di perusahaan Anda adalah seorang ahli dan menyukai apa yang dia lakukan. Dan siapa yang tidak ingin bekerja dengan perusahaan seperti itu? Dalam bisnis, membuat kesan yang baik dari awal dengan menggunakan gambar adalah taktik yang baik untuk membangun kesetiaan klien di kemudian hari (asalkan layanan Anda juga bagus).

Mengatur Pencahayaan untuk Headshot Fotografi

Setelah memilih lokasi dan pengaturan yang ideal untuk sesi fotografi foto singkat, Apa  yang harus dilakukan selanjutnya? Nah, sekarang Anda harus memastikan bahwa pencahayaan benar-benar ditangani oleh fotografer Anda sehingga gambar-gambar bergerak selangkah di luar bingkai potret perusahaan biasa. Tidak ada yang lebih buruk daripada gambar dengan pencahayaan yang buruk, bayangan canggung atau lampu latar yang mengganggu.

Ide bagus yang dapat Anda gunakan di sini adalah HDR Photography, yang mengubah gambar biasa menjadi karya seni dengan menggabungkan bidikan bingkai yang sama, yang diambil pada tingkat pencahayaan yang berbeda. Jumlah warna yang luar biasa dan tidak adanya bayangan yang mengganggu mungkin hanya membuat proyek fotografi headshot Anda memenuhi syarat untuk presentasi di galeri seni. Fotografi HDR jauh lebih sederhana daripada kedengarannya, dan Anda dapat melihat panduan cara fotografi HDR di sini.

Menentukan Pose dan Postur untuk Headshot Fotografi

Unsur yang benar-benar penting untuk membuat proyek fotografi headshot Anda bersinar adalah dengan hati-hati merencanakan dan mengarahkan postur subjek. Untuk foto bisnis, postur sangat penting ketika mencoba mengirim pesan ke publik. Dengan demikian, postur harus ramah dan santai, dengan senyuman besar yang tidak berubah di wajah orang tersebut. Wajah muram akan merusak 10 jam pemotretan foto HDR sempurna dalam pengaturan yang paling relevan.

Selanjutnya, cobalah untuk menginspirasi kepercayaan dan keyakinan. Jangan biarkan tangan Anda terkunci atau tangan Anda di saku Anda. Buat senyum Anda alami dan jangan memaksanya, sikap yang positif secara alami adalah apa yang harus Anda ingat setiap kali melakukan potret.

Memilih Kamera untuk Headshot Fotografi

Untuk kualitas terbaik, Anda harus menggunakan kamera semi-profesional. Kamera juga harus memiliki sejumlah fitur, seperti eksposur manual dan penstabil gambar. Kamera point-and-shoot mungkin tidak akan cukup jika Anda ingin mengambil foto Anda ke tingkat berikutnya. Coba DSLR atau kamera mirrorless untuk efek terbaik.

Kamera DSLR sangat baik dalam mengambil foto resolusi tinggi dan akan sangat luar biasa jika digunakan untuk proyek fotografi headshot. Kamera tanpa cermin juga sangat bagus dalam hal ini. Kebenaran dikatakan, tidak ada perbedaan kinerja yang mencolok antara kamera DSLR dan kamera mirrorless dalam hal apa yang dapat dicapai oleh dua teknologi yang berbeda. Perbedaan nyata berasal dari model kamera individu dan fitur yang mereka gabungkan. Namun, kami harus menyebutkan bahwa DSLR lebih serbaguna saat mengganti lensa, sementara kamera tanpa cermin hanya mengakomodasi rentang terbatas.

Kesimpulan

Headshot fotografi mungkin sedikit lebih rumit daripada yang Anda harapkan. Peralatan yang baik dan beberapa pengetahuan fotografi diperlukan untuk membuat foto-foto kenangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, dengan sedikit riset, upaya, dan investasi, Anda akan dapat benar-benar mendapatkan hasil yang sempurna.

Itulah sedikit panduan untuk belajar headshot fotografi bagi pemula supaya bisa membuat seni foto yang terbaik. Silahkan coba dan praktekan sendiri. Jangan lupa untuk terus belajar dan bereksperimen.

Sekian, Terimakasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar