Skip to main content

10 Tips Membuat Hasil Fotografi Candid yang Unik dan Menarik

Fotografi candid sangat dikagumi karena menangkap momen yang terbentuk secara natural. Foto-foto ini fokus pada tindakan alami daripada membuat orang berpose untuk foto. Fotografi candid menjadi semakin populer, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara membuat foto candid yang menarik.

Ada beberapa kiat fotografi candid yang dapat Anda ikuti untuk menangkap tampilan yang sempurna. Sangat penting bagi Anda untuk memanfaatkan mode dan fitur yang tepat yang ditawarkan oleh kamera Anda untuk menangkap bidikan sempurna.
10 Tips Membuat Hasil Fotografi Candid yang Unik dan Menarik

Berikut ada beberapa tips terbaik yang bisa Anda coba untuk membuat foto candid yang unik dan menarik.

1. Selalu Siap untuk Mengabadikan Momen

Mungkin tampak tidak alami, tetapi salah satu tips fotografi terbaik adalah mereka yang selalu membawa kamera ke mana saja untuk mengabadikan setiap momen yang ada. Memiliki titik kualitas dan kamera jepret di tangan akan membuat Anda cepat mengambil foto tanpa pemberitahuan. Jika Anda sering berinteraksi dengan orang, selalu bawa kamera bersama Anda menjadi sesuatu yang biasa mereka lakukan. Akibatnya, mereka lebih cenderung bertindak secara alami setiap kali Anda mengeluarkan kamera untuk mengambil foto. Jadi Anda bisa meniru apa yang kebanyakan fotografer lakukan untuk mendapatkan hasil foto secara alami sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Manfaatkan Zoom Kamera Anda

Semakin jauh dari subjek Anda, semakin besar kemungkinan objek untuk bertindak secara alami. Mereka mungkin bahkan tidak menyadari Anda mengambil foto mereka sama sekali. Zooming tips fotografi candid memastikan Anda dapat mencapai foto candid paling alami yang dapat dibayangkan dari kejauhan sementara masih menangkap detail halus. Anda bisa mengabadikan kegiatan orang lain menggunakan zoom pada kamera Anda supaya mereka tidak tahu apa yang sedang Anda lakukan.

3. Hindari Menggunakan Flash

Tips fotografi candid menunjukkan bahwa Anda tidak harus menggunakan flash karena dapat mengganggu suasana alami foto. Jika orang tiba-tiba dikejutkan oleh lampu kilat, mereka mungkin tersentak atau bereaksi negatif terhadapnya. Sebagai gantinya, kamera terbaik untuk pemotretan candid adalah kamera yang menyertakan mode cahaya alami yang dapat dengan mudah Anda nyalakan, bersama dengan membuka aperture, untuk menangkap suasana yang tak terganggu.

4. Lakukan Jepretan yang Banyak

Mengambil keuntungan dari mode burst adalah salah satu kiat fotografi candid terbaik yang pernah Anda dengarkan. Jika Anda memotret banyak gambar dengan sangat cepat, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan foto yang sempurna. Orang mungkin melakukan sesuatu yang mengejutkan atau spontan dan menangkapnya melalui semburan gambar yang meningkatkan kemampuan Anda untuk menangkap bidikan yang sempurna.

Tips ini dan banyak lainnya dalam daftar ini juga berlaku bagi mereka yang ingin masuk ke fotografi jalanan, karena keduanya memiliki banyak kesamaan. Jika Anda serius tentang fotografi candid,Anda bisa menggunakan tips ini untuk mendapatkan hasil yang sangat sempurna.

5. Ambil Foto dari Berbagai Perspektif

Ambil foto dari pinggul atau tingkat dada untuk menghasilkan elemen kejutan. Jika orang tahu Anda mengambil foto, mereka lebih cenderung untuk menghentikan apa yang mereka lakukan untuk berpose untuk foto. Kiat fotografi ringan seperti ini menunjukkan sikap diam-diam atau silau sehingga Anda tidak menangkap orang yang lengah.

Ketika berlatih metode ini, penting bagi Anda untuk mengatur lensa Anda ke sudut yang lebih luas. Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk melihat melalui kamera untuk fokus pada sesuatu, sehingga memperluas tampilan memastikan Anda akan menangkap semuanya di depan Anda.

6. Elemen Bingkai di Foreground

Gunakan dahan pohon, bahu, atau bahkan bingkai pintu untuk menciptakan perasaan bahwa Anda bersembunyi di luar pandangan dari target. Jika orang yang melihat foto itu percaya Anda bersembunyi dari pandangan target, mereka lebih cenderung percaya bahwa foto itu alami dan bukan gambar yang ditampilkan.

Tips fotografi candid ini dapat diartikan sebagai mengambil bidikan yang ditampilkan dalam pengaturan terang. Jika orang-orang mengambil foto, pilih sudut yang berbeda dari fotografer dan potret target dari sana. Anda juga dapat menggeser atau memperbesar untuk menciptakan foto yang lebih dramatis.

7. Hindari Mode Manual

Kamera terbaik untuk pengambilan gambar candid termasuk dua mode semi-otomatis. Mode ini disebut Prioritas Shutter atau Prioritas Bukaan. Keduanya bekerja sangat baik untuk foto-foto candid karena kecepatan di mana mereka menangkap gambar.

Tips fotografi candid yang fokus pada mode pengambilan sangat penting. Dengan Shutter Priority, Anda memiliki kemampuan untuk mengatur ISO dan nilai kecepatan rana sehingga kamera Anda menyesuaikan untuk eksposur yang tepat dengan sendirinya. Prioritas aperture bekerja dalam situasi cahaya rendah untuk menyesuaikan kecepatan rana untuk menggabungkan eksposur ideal untuk foto.

8. Ubah Mode Fokus Otomatis untuk Menghindari Foto  yang Buram

Baik Canon maupun Nikon memiliki pengaturan autofocus yang memaksa kamera untuk fokus otomatis sebelum mengambil gambar. Masalah dengan fotografi candid adalah bahwa subjek secara alami selalu bergerak. Daripada memaksa kamera Anda untuk fokus pada satu objek sebelum setiap foto, atur kamera Anda ke mode Fokus otomatis kontinu. Ini akan mencegah Anda mengambil foto buram karena kamera Anda akan siap pada saat pemberitahuan untuk mengunci dan menangkap target.

9. Lakukan Fotografi Sekarang

Dari semua kiat fotografi candid yang disediakan, ini adalah kiat "make it or break it". Anda harus benar-benar merasa nyaman di luar sana dengan mengambil foto orang secara acak pada saat tertentu. Rasa malu bukanlah pilihan ketika Anda mencoba untuk mengabadikan momen-momen besar.

Anda harus bersedia menempatkan diri Anda di depan cerita dan menangkapnya dengan cepat. Percaya diri dalam kemampuan Anda untuk melompat ke wilayah yang tidak diketahui dan mulai mengambil gambar tanpa ragu-ragu juga merupakan nilai tambah.

Orang dapat merasakan ketidakpastian dan ini pasti akan mengganggu suasana fotografi alami yang Anda coba tangkap.

10. Pilih Format Pemotretan yang Tepat Sebelum Anda Mulai

Sebagian besar foto disimpan dalam format file JPG, yang secara drastis membatasi fleksibilitas pengeditan yang Anda miliki setelah Anda mengambil foto. Sebaliknya, menyimpan foto Anda dalam format RAW akan memastikan Anda dapat menggunakan program seperti Lightroom atau Photoshop untuk mengedit dan mengoreksi foto tanpa batasan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan foto candid terbaik yang bisa terbentuk secara alamai. Selalu ingat untuk memanfaatkan setiap momen dan juga fitur yang ada pada kamera Anda dengan baik.

Sekian saja untuk kali ini, semoga bisa membantu.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar