Skip to main content

9 Tips dan Panduan Portrait Fotografi Supaya Bisa Menghasilkan Foto yang Bagus

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips untuk belajar portait fotografi supaya bisa menghasilkan foto yang bagus.

Tips portait fotografi sebenarnya sederhana seperti mengubah pengaturan default kamera Anda ke trik yang lebih rumit yang dapat membawa fotografi Anda ke tingkat yang baru. Sementara banyak tips fotografi potret adalah aspek teknis dari seni, seperti pencahayaan dan kecepatan rana, artikel ini menangani sesuatu di luar kamera sang fotografer.

Sementara kamera yang bagus penting untuk mendapatkan bidikan hebat yang hanya sebagian kecil dari keseluruhan persamaan. Aspek paling penting dari fotografi adalah orang yang mengambil foto dan pengetahuannya tentang subjek. Dalam artikel ini, Anda akan belajar tips untuk fotografi potret untuk membantu meningkatkan pekerjaan Anda tidak peduli apa pengalaman fotografi yang Anda pelajari sebelumnya.

Berikut ada beberapa tips fotografi potret yang bisa Anda coba lakukan.
9 Tips dan Panduan Portrait Fotografi Supaya Bisa Menghasilkan Foto yang Bagus

Panduan belajar potret fotografi yang sangat bagus


1. Buat Model Anda Merasa Nyaman

Banyak orang malu-malu pada kamera dan bisa bengkak ketika dihadapkan dengan foto mereka diambil. Tujuan Anda sebagai fotografi adalah membuat mereka merasa nyaman di depan kamera. Hal ini bisa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan tetapi itu tidak mustahil. Misalnya, saat mengambil foto pertunangan, hindari hanya melihat kupon ke kamera dan sebagai gantinya tanyakan kepada mereka bagaimana mereka pertama kali bertemu dan mengambil beberapa foto saat mereka menceritakan kisah mereka. Anda akan terkejut dengan gambar-gambar nyata yang Anda dapatkan.

2. Persiapkan Pose

Pose dapat membuat atau menghancurkan bidikan dan ketika Anda baru belajar cara memotret, mungkin sulit untuk mengetahui cara membuat klien dengan benar. Yang membuat lebih sulit adalah kebanyakan orang tidak tahu cara berpose dan sering kali "pose" alami yang mereka tempatkan menjadi aneh dan mengganggu dalam gambar. Cara terbaik untuk belajar pose adalah pengalaman tangan pertama dan banyak latihan, tetapi sampai Anda mencapai titik itu, Anda dapat meneliti pose fotografi. Tidak peduli apa pun pose yang Anda pilih, klien Anda akan merasa sangat nyaman, dan jika pose tidak berfungsi, jangan coba untuk memaksanya juga. Sebaliknya, berkomunikasi dengan klien dengan nada ramah dan mendorong.

3. Tambahkan Alat Peraga

Ujung fotografi potret lain yang dapat meningkatkan foto Anda secara drastis adalah dengan menambahkan alat peraga. Anak-anak, misalnya, sering memberikan reaksi terbaik ketika disajikan dengan mainan yang dapat mereka gunakan untuk berinteraksi. Hal ini sama untuk fotografi hewan peliharaan juga. Alat peraga lebih dari sekadar sesuatu untuk berinteraksi dengan subjek, dan mereka dapat membawa minat dan warna pada foto. Mereka juga dapat membawa sedikit lebih banyak subjek ke dalam fokus, berbicara secara kiasan. Ketika mengambil gambar senior, misalnya, menambahkan gitar klien akan menambahkan sedikit lebih banyak cerita klien ke foto.

4. Memahami Sudut untuk Menembak

Jangan hanya memotret dalam "tingkat mata-mata" tradisional, campur dan ubah sudut pengambilan gambar. Bergerak di sekitar subyek Anda, turun ke tanah, naik lebih tinggi; apa pun untuk menghadirkan sudut yang berbeda dan menarik ke foto Anda. Jangan lupa untuk terus mengingat pencahayaan saat memotret pada berbagai sudut.


5. Pertimbangkan Busana

Pakaian yang dikenakan klien Anda untuk pengambilan gambar merupakan bagian penting dari foto. Potret keluarga dapat ditingkatkan jika semua orang dalam gambar mengenakan pakaian yang cocok. Namun, ini tidak berarti bahwa setiap orang harus berpakaian sama, hanya saja pakaian mereka harus saling melengkapi. Anda juga harus meminta klien mengganti pakaian mereka di antara jepretan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan memberi klien Anda beragam pilihan.

6. Lingkungan Dapat Mengatur Suasana Hati yang Tepat

Hindari sesi membosankan dan duniawi dengan mengambil foto di berbagai lingkungan. Hal ini akan memberi Anda beragam tekstur dan klien Anda akan memiliki lebih banyak opsi untuk dipilih. Misalnya, Anda dapat mengambil beberapa bidikan dalam ruangan untuk tampilan yang lebih tradisional dan kemudian mengubahnya dengan menempatkan subjek Anda di luar. Bangunan bata, lumbung kayu, saluran air dan ladang hanya beberapa dari area populer untuk potret. Dari semua kiat fotografi potret untuk potret di luar, salah satu yang terbaik adalah memilih lokasi dengan minat visual yang juga cocok untuk klien.

7. Dapatkan Bantuan

Tidak peduli seberapa bagus fotografer Anda, tidak perlu malu untuk meminta bantuan. Bahkan, banyak fotografer profesional dan berpengalaman memiliki asisten reguler yang membantu mereka selama syuting. Asisten, misalnya, dapat memegang diffuser ringan atau memperbaiki rambut yang tersesat sehingga Anda tidak harus bergerak setelah Anda membidiknya.

8. Jangan Memberi Tahu Rahasia Anda

Dengan usia fotografi digital datang kemampuan untuk melihat detik-detik tembakan setelah mengambilnya. Karena itu, beberapa klien ingin melihat fotografi tepat di layar kamera Anda. Bahkan, beberapa klien bahkan meminta fotografer memberi mereka setiap gambar yang tidak diedit yang mereka ambil hari itu. Apakah Anda mengharapkan seorang penulis untuk menyerahkan pekerjaan mereka dalam bentuk naskah tanpa penyuntingan apa pun? Maka Anda tidak boleh membiarkan klien melihat gambar sampai Anda siap.

9. Berikan Pekerjaan Terbaik Anda

Dari semua tips fotografi potret yang kita diskusikan, yang terakhir ini sering diabaikan oleh fotografer dari semua pengalaman. Selama pemotretan, Anda mungkin akan mengambil ratusan bidikan dan mungkin merasa terdorong untuk menunjukkan semuanya. Tapi apakah Anda benar-benar ingin menunjukkan 30 foto klien dalam pose yang sama? Tidak, Anda tidak perlu melakukannya. Sebaliknya, Anda harus sangat selektif dan belajar bagaimana hanya mengambil foto terbaik dari sesi itu.

Tips fotografi potret di atas adalah pedoman belaka untuk membantu meningkatkan fotografi Anda dan tidak diatur oleh pengaturan lain.

Mungkin hanya itu beberapa tips dan panduan portait fotografi yang bisa diberikan kali ini. Semoga bisa membantu untuk menambah wawasan Anda tentang dunia fotografi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar